Jumat, 27 Mei 2011

Berawal Di Sini

by Dhini Aprilio on Sunday, April 11, 2010 at 2:21am
 
Awalnya dari obral obrol dengan my older sister by phone...Didapatlah info kalau seorang temannya menawarkan untuk mengikuti acara pelatihan menulis untuk para ibu rumah tangga.Yap..langsung tertarik.Ya lumayanlah buat nambah-nambah ilmu tentang penulisan.Sebenernya sih seneng nulis.Apalagi kalau lagi kesel bukan kepalang kaya'n kalau sudah nulis luegaaaaa banget.Langsung hilang sedih,kesel,marah..hilang ditelan angin.he2..kebeneran yang terakhir dapet surat peringatan (SP 3) adalah laki2 dewasa yang ada disampingku.he2..tapi alhamdulillah lega..dan semua berjalan dengan terkendali dan going better.

Zaman sd,smp, punya diary yang ada gemboknya. Lucunya kalau lagi berantem sama mba Mia (older sist) pasti kejer2an mau ngambil diary itu untuk dijadiin bahan ledekan.Hehe ada2 aja. Kalau mba Mia lg ngeselin..gw yg ngejer mba Mia sambil lari ke kamarnya untuk ngambil diary nya.Tapi akhirnya kita malah ketawa2 berdua.Waktu sma? lupa. Kaya'nya ga ada.Tp semua diary2 itu ga pernah penuh. Cuma sekali2 doang diisinya. Zaman kuliah diarynya besar banget.Ada gambar hati di tengah.Huhuy..Tapi sampe sekarang jg belum penuh semua. Padahal cuma sekitar 80 halaman.Tapi ga enak juga kalau mau nulis di diary itu. Soalnya ada cerita2 masa lalu. Takut jadi matak bahasa Sundanya mah.Padahal seru banget isinya.He2..biasalah..pasti semua orang juga pernah mengalami apa yang gw tulis disitu.

Pas jadi ibu rumah tangga jarang banget nulis. Paling sekali2..kalau lagi bengong,dirumah saudara,ya kalau lagi mood poko'nya. Padahal katanya mood itu cuma strategi setan aja buat bikin orang jadi pemalesan.He2..Mangkanya pas mba Mia nawarin untuk ikut tertarik banget dengan harapan bisa jadi penyemangat untuk terus menulis..menulis..dan menulis.Yang katanya itu resep jitu untuk jadi penulis handal. Aamiin. Langsung deh ngatur jadwal tempat penitipan anak. Siapa lagi kalau bukan ambu.Neneknya anak2. Tapi ternyata ambu ga bisa.Kebeneran ada acara sama adiknya.Kalau rama (bung Dudy.He2) katanya mau ke Purbalingga dari hari Sabtu.Tapi setelah smsan ternyata rama' ga jadi hari Sabtu diiundur hari Minggu.Alhamdulillah.Masalah penitipan anak beres.Eh tau2nya ibu juga ga jadi pergi. Alhamdulillah.Jadi rama bisa nungguin Zhafran pulang sekolah, Jauna sama ibu.He2.Ngga lupa jg ngajak2 temen,saudara yg keliatannya jg seneng nulis. Jd asik jg kan kalau ada temen yg sama2 miinat nulis.Meski derajat kerajinan nulisnya beda. Kalau gw sih..biasa2 aja.Tp kalau saudara mah..wadduh..ruar biasa..everytime write..write..and write..But i'll try to be a good writer. Belum apa2 sudah ngebayangin pengen dapet royalty.Heu2.


Hari Sabtu yang indah datang jg. Semua sdh diatur. Strategi pemberangkatan, gimana bilang ke Jauna, ke Zhafran.Yang kadang suka harus ada adegan tangis2an dulu. Tapi Alhamdulillah semua sudah dimudahkan oleh Allah. Jauna ga nangis. Mungkin ga ngeh pas bundanya pergi. Keasikan ngeliatin adik Hilmi anaknya tante Mia. Zhafran sekolah just usually.Cuma sedikit ada rengekan aja ga mau sekolah.Dan bunda cukup bilang "uish.." selesai. Pergi deh ngojek,ngangkot abu2 sambil smsan sama saudara sepupu (Yayuk). Janji temu di depan Robbani buah batu.Hanya 30 menit perjalanan. Lancar. Nunggu dulu deh sambil ngeliatin teteh2 pegawai Robbani senam2 kecil sambil pake kostum yang aduhai.. anggun maksudnya. Senam tapi pake baju kerja yang anggun. He2. Nunggu kira2 15 menit. Kenalan dulu sama seorang ibu yg profesinya guru tk, sama anak kuliahan semester akhir. Yang sepertinya wajah2 demen nulis. He2. Tapi Yayuk datangnya telat. Tp karena masih nunggu peserta dari BKMM jadi acara molor setengah jam. Tp ga kerasa karena diisi dengan ngobrol, berkenalan sama mahasiswi yg kebeneran namanya sama Dinny.Cuma tulisannya yang beda.Ternyata dia sudah pernah menang nulis artikel,dan suka nulis novel fiksi.Tp baru dpt brp puluh lembar cenah.What? sementara gw belum pernah nulis fiksi atau apalah selembarpun.Paling cuma beberapa baris.He2..

Alhamdulillah acaranya asik jg. Menarik.Apalagi kalau membahas tentang pendidikan anak2. Waa ibu2 ga ada habisnya deh bertanya tentang anak2. Kaya'n waktu setengah hari ga akan cukup untuk membahas dunia anak2. Sesi pertama diisi oleh Bang Agus Widodo dengan nama penanya Aswi. Beliau sudah menulis banyak buku. Dimulai dari tahun 2001 sampe sekarang. Dan katanya penghasilan yang didapat dari menulis lebih besar daripada yg didapat sebagai karyawan. Selain itu alasan beliau tertarik menulis adalah sebagai bekal akhirat agar ilmunya terus bermanfaat untuk orang banyak. Jadi kalaupun dia meninggal pahalanya akan terus mengalir sebagai amal jariyah untuk beliau. Aamin. Tertarik juga nih.Tapi bisakah aku?. Ya aku harus bisa. Aku harus bisa mengalahkan diriku sendiri.

Kita diajarkan bahwa menulis itu gampang. Tinggal menulsi..menulis..dan menulis. Seperti dalam film yang kita tonton bersama Finding Forrester (Sean Connery,Leonardo deCaprio). Dimana ceritanya tentang seorang anak yang ingin belajar menulis tapi tidak tahu harus bagaimana. Terus adalagi film King garapan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang disingkat Alena tentang perjuangan seorang anak kecil yang ingin menjadi atlet profesional.Yang katanya itu memang pengalaman Liem Swie King mantan atlet nasional kebanggaan Indonesia. Di film itu diceritakan tentang perjuangan untuk mengalahkan diri sendiri. Kemudian setelah menonton cuplikan film2 itu kita disuruh membuat kelompok untuk membuat sebuah tulisan yang berasal dari pengembangan ide. Jadilah kelompokku cerita tentang membuat kue yang bantat gara2 listrik padam dan kompor minyak mati. Kemudian kita juga disuruh membuat cerita dari penggabungan dua buah ide yang disebut dengan bisosiasi. Ceritanya tentang Kabayan yang datang ke kota naik bemo roda tiga berwarna merah yang mengunjungi keponakannya yg berumur 3 tahun, Jauna, yg mempunyai hewan peliharaan buaya. He2.Kenapa buaya? karena Jauna pernah ngarang kalau Jauana pernah digigit buaya. Jauna memang suka ngarang cerita. Kalau denger kakaknya atau temennya cerita Jauna suka ikut cerita dengan tokoh yang berbeda. Ga pernah mau sama. Kalau misalnya kita cerita domba, dia buaya. Kita cerita ikan, dia kupu2. Alhamdulillah mudah2an ciri anak yang kreatif. Aamin..

Kemudian sesi kedua tentang pendidikan calistung pada anak apakah baik atau tidak. Ternyata baik2 saja asal caranya yg tepat. Diisi oleh Teh Ami pemilik salah satu tk di Cimahi. Setelah mendengar paparan teh Ami terasa pusing dikepala. Bukan pusing ga ngerti, tapi bingung apakah aku sudah benar mendidik, menyalurkan anak, menyekolahkan anak ke tempat yang tepat?. Perasaan pengen ngajak Zhafran ke tk lg kl melihat cara belajar di kelas satu sd. He2.Tapi itu tidak mungkin. Jadi sebisa mungkin aku sebagai orang tua harus kreatif mendidik anan2 dirumah. Sudahkah aku? Aku rasa masih jauh dari sempurna. Oo God..please help me. Show me the way. Mudah2an anak2ku tumbuh menjadi anak2 yang bahagia, soleh, solehah, beriman, bertakwa, berbakit sama orangtua dan guru, pintar, rajin, cerdas secara emosional, intelektual, spiritual, mandiri, berhasil, mapan, sukses pada bidang yang ditekuni, diminati, berguna bagi keluarga, orangtua, agama, nusa, bangsa, bahagia dunia akhirat. Aamiin. Mudah2an doa2ku tdk memberatkan mereka.

Tak terasa acara terus berlangsung dengan seru. Waktu menunjukkan pukul 14.30 tapi terus saja ibu2 semangat bertanya tentang anak2 mereka kepada teh Ami. Alhamdulillah ibu2 pada antusias. Mudah2an jg pada antusias menulis dan menciptakan karya2 terbaik untuk anak2, untuk bangsa Indonesia. O iya disela2 acara dari 2 pemateri diselingi dengan pembagian doorprize. Alhamdulillah dapet buku judul Dewi Sartika, dan kerudung Robbani. Dan difoto langsung dengan pemilik or manager Robbani Buah Batu. Huhuy..eumaaa' aku jadi artiss.hehe...

Akhirnya waktu pulang tiba..foto2, cipika cipiki sama temen2 yg berjumlah kira2 14 orang. Naek angkiot abu2 lagi, trus gede bage. Macceett banget di Buah Batu. Pas di depan Metro sangking lg bersemangatnya sampe lupa tau2 sudah ada di atas jembatan penyebrangan. Padahal takut banget naik jembatan itu. Papasan sama ibu2 yg lg berpegangan erat sama suaminya.Oo aq pegangan sama siapa? deg2an..ayo kamu bisa..melenggak lenggoklah aku di atas jembatna penyebrangan yg terasa bagai berjalan di atas gedung bertingkat 180.huhu..pusing..langsung deh ngebayangin seolah2 ada di hutan..ada pohon pinusnya..indah..Alhamdulillah sampe di seberang. Tinggal turunnya. Berpegangan erat bagaikan memegang tangan lawan dalam adu panco.huhu..tuing2..Alhamdulillah sampe dibawah dengan selamat..laparrrr..langsung beli batagor metro skalian oleh2 untuk orang rumah.hehe..

Pas nyampe dirumah jam 4an Jauna seneng banget. Tapi yang ditanyain malah "Mana aa'?" ..langsung aja 2 buah buku anak2 yg berjudul Malaikat Rakib dan Aku, dan Dewi Sartika kusodorkan pada Jauna. Antusias banget. Langsung ngambil pinsil dan dicoret2 dikit bukunya. It's oke. Masih bisa dibaca. 3 menit kemudian Zhafran sama rama' datang. Dan Zhafran langsung maen game Hotwheel di komputer. Rama langsung maen sama Jauna karena bundanya masih kalap..aran..heu2..kan ga dapet makan siang. Males mau jajan. Mending jam istirahatnya dipake liat2 seantero Robbani. Tapi ketinggalan lantai atas belum sempet diliat.

Entah kenapa badanku lemas lunglai. Mungkin duduk seharian bikin lemes ya. Ngantuk banget. Hbs Maghrib langsung tidur bangun jam 10. Anak2 masih pada ribut sama rama'n. He2. Entah kenapa Jauna manyun, nyuekin bundanya. Mungkin karena ngerasa dicuekin seharian kali ya. He2..biarin ah biar apet juga ke rama'nya. Alhamdulillah sekarang semua sudah pada tidur.Dan sekarang i practising my new experience to this note. Semoga bermanfaat untukku, untuk siapa aja. Let's write..write..and write..(selese 02.00). Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar