Selasa, 17 Mei 2011

Buku dan Kerenyes-kerenyesnya

by Dhini Aprilio on Monday, March 7, 2011 at 3:03pm
Buku adalah sesuatu. Book is something. Dengan membaca buku kita akan mengetahui segala hal dan mengenal beraneka ragam corak pemikiran yang bertebaran di dunia. Book is everything. Ada beberapa tujuan yang ingin kita capai dengan membaca buku. Yaitu, sekedar memenuhi keingintahuan kita terhadap buah pikiran seorang penulis favorit, atau untuk mencari suatu referensi sebagai bahan analisis.

Pada awalnya pengalaman membaca sebuah buku adalah hal yang dianggap biasa-biasa saja bagiku. Memang ketika melihat dan menggenggamnya akan mendatangkan rasa senang yang luar biasa. Ingin segera melahap dan mengetahui akhir ceritanya. Meski terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan sebuah karya non fiksi. Lain halnya apabila yang dihadapi adalah sebuah novel thriller atau misteri, pasti dapat diselesaikan dalam waktu singkat.
Tetapi sayangnya apabila selesai membaca sebuah buku kenikmatan yang dirasakan hanya berlangsung sesaat. Dan bila beberapa waktu kemudian dievaluasi kembali tentang isi buku yang telah dibaca, pasti akan lupa dan sulit untuk mengingat maksud dan jalan ceritanya. Seolah-olah hilang begitu saja.

Menurut seorang teman, membaca sebuah buku itu membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Sehingga kita dapat menikmati setiap kalimat yang ada dan dapat menemukan makna yang terpendam dari setiap paragrafnya. Ada tips efektif untuk memahami sebuah buku. Yaitu, pertama kali, sebaiknya kita membaca cepat satu bab. Kemudian kita ulangi lagi bab tersebut. Sehingga kita semakin paham akan kandungan maknanya. Dan pada kalimat yang dianggap penting atau mengandung suatu nilai tertentu sebaiknya diberi highlight. Pengulangan itu akan membuat materi apapun yang kita baca lebih melekat dalam memori dan berkesan di hati. Kita pun akan mendapatkan sebuah rasa yang fantastis dengan pemahaman yang baru kita dapatkan. Sebuah buku akan terasa lebih nikmat dan bermanfaat sehingga akan memperkaya pola pikir kita.

Dengan membaca dan memahami sebuah buku, kita dapat menemukan sebuah definisi atau kesamaan persepsi yang mungkin selama ini telah kita rasakan, tetapi tidak kita sadari dan tidak kita pahami maknanya. Bahkan kita membiarkan hal itu berlalu begitu saja dari kehidupan, tanpa menggoreskannya dalam sebentuk catatan harian yang berguna bagi kita. Sebagai kenang-kenangan untuk sebuah rasa yang pernah melintas di hati dan pikiran kita.

Demikianlah sedikit pengalaman dengan beberapa buah buku yang menjadi sumber inspirasi dan sumber kebahagiaan. Dengan membaca, senyum, tawa, semangat berkarya akan melebur menjadi satu, membentuk warna baru dalam corak pikir insan manusia. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar