Selasa, 17 Mei 2011

Pengejewantahan Motivasi dalam Hidup

by Dhini Aprilio on Wednesday, February 2, 2011 at 12:45am
Setiap orang pasti pernah mengucapkan seribu satu alasan untuk menjawab sebuah pertanyaan, "Apa motivasi kamu mengikuti bla bla bla..." Setiap mengikuti kegiatan apapun kita pasti tidak lepas dari embel-embel motivasi. Di darat, laut, udara selalu ada kata motivasi yang mengiringi setiap langkah manusia. Motivasi itu terpatri kuat dalam diri. Melekat kuat kemarin, kini dan nanti.

Kalau dipaksa untuk mendefinisikan motivasi saya akan menyusun kata-kata yang paling mewakilkan kata itu dan berhubungan erat dengan pengalaman hidup. Sesuatu yang mendorong, penyemangat, menjadi sebab kita untuk melakukan sesuatu. Itu motivasi.

Sejauh Mana Pentingnya Motivasi?
Itu semua tergantung kepada setiap individu. Kenapa coba? Karena ada sebagian orang yang melakukan sesuatu dengan alasan dia senang melakukan hal itu tanpa mau pusing memikirkan, "Kenapa aku harus melakukan ini?". Ada juga yang melakukan sesuatu tanpa tau kenapa sampai dia rela melakukan hal tersebut. Padahal yang di lakukan tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Kemudian ada yang melakukan sesuatu karena tanpa sengaja telah jatuh hati pada pekerjaan yang ia lakukan. Kemudian sebagian lagi ada yang mau melakukan sesuatu asalkan memiliki alasan yang jelas dan masuk akal baginya. Dengan perhitungan ia tidak ingin membuang-buang waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Terlepas dari arti pentingnya motivasi, menurut pendapat saya, motivasi itu sah-sah saja. Mungkin itu jawaban yang terlihat tidak mau ambil pusing. Menurut saya efeknya yang lebih besar dari sekedar kepentingannya.

Ya. Itu semua terasa dan baru terfikirkan sekarang ketika sudah memiliki anak-anak. Sebagai orangtua tentu menginginkan yang terbaik buat mereka. Jadi difikirkanlah bagaimana cara mendidik yang baik agar kelak mereka selalu memiliki semangat yang tinggi untuk mengarungi kehidupan ini. Kehidupan yang kita tidak pernah tahu kapan akan berhenti, akan seperti apa kita nanti. Hanya semangat yang harus dimiliki untuk menjawab semua tantangan zaman. Semangat, semangat dan semangat. Semangat yang menggebu akan mampu menyingkirkan segala duka nestapa. Akan mampu melintas aral melintang, akan mampu membangkitkan diri dari kemalasan dan kegagalan. Dengan semangat akan mampu mengejar apa yang kita cita-citakan. Dengan semangat kita akan memiliki obsesi yang harus diwujudkan dengan perjuangan tanpa henti. Dengan semangat yang membara kita akan mampu menjadi seperti apa yang kita inginkan.

Semangat sangat baik untuk dimiliki oleh setiap insan. Tanpa semangat apalah arti hidup ini. Pada hitungan jari mungkin kita akan jatuh lunglai apabila di dera angin musim yang berubah-ubah arah. Tanpa semangat, mungkin kita tidak akan menjadi apa-apa dan hanya berjalan di tempat. Tanpa semangat enggan akan selalu meraja. Tidak mudah memang menimbulkan semangat. Ya. Itulah efek yang ditimbulkan oleh sebuah motivasi. Motivasi akan menghadirkan semangat pada jiwa manusia untuk selalu melakukan segala sesuatu yang terbaik demi keberlangsungan hidup. Semoga semangat selalu menjelma dalam diri kita demi keberlangsungan anak cucu kita. Semangat dengan iman dan takwa. SEMANGAT!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar